STRATEGI
PROMOSI BERBASIS TI
Perkembangan
dunia saat ini, terutama pada aspek teknologi mengalami perubahan sangat pesat
ke arah digital. Era digital merupakan istilah media jenis baru yang digunakan
dalam teknologi informasi yang memiliki karakteristik bersifat jaringan.
Perubahan ini membuat perilaku manusia memasuki gaya hidup baru dan tidak bisa
lepas dari perangkat-perangkat elektronik yang menjadi kebutuhan dasar bagi
setiap orang.
Pengertian Strategi Promosi
Definisi strategi promosi penjualan
dikemukakan oleh Fandy Tjiptono pada buku strategi pemasaran. Pengertian
strategi promosi penjualan adalah perencanaan aktivitas yang dilaksanakan dalam
rangka peningkatan Permintaan dari para konsumen untuk meningkatkan volume dan
omset penjualan. Aktivitas tersebut dilakukan dengan mempengaruhi secara
langsung konsumen dalam keputusan pembelian.
Berdasarkan Cravens pada buku
pemasaran strategis mengemukakan bahwa strategi promosi penjualan merupakan
rencana dan proses pengendalian komunikasi dalam perusahaan yang ditujukan pada
target konsumen.
Menurut Tjiptono (2001 : 219)
promosi pada hakekatnya adalah suatu komunikasi pemasaran, artinya aktifitas
pemasaran yang berusaha menyebarkan informasi, mempengaruhi/membujuk, dan atau
mengingatkan pasar sasaran atas perusahaan dan produknya agar bersedia
menerima, membeli dan loyal pada produk yang ditawarkan perusahaan yang
bersangkutan.
Sistaningrum
(2002 : 98) mengungkapkan arti promosi adalah suatu upaya atau kegiatan
perusahaan dalam mempengaruhi ”konsumen aktual” maupun ”konsumen potensial”
agar mereka mau melakukan pembelian terhadap produk yang ditawarkan, saat ini
atau dimasa yang akan datang. Konsumen aktual adalah konsumen yang langsung
membeli produk yang ditawarkan pada saat atau sesaat setelah promosi produk
tersebut dilancarkan perusahaan. Dan konsumen potensial adalah konsumen yang
berminat melakukan pembelian terhadap produk yang ditawarkan perusahaan dimasa
yang akan datang.
Media
Media adalah segala
bentuk dan saluran yang digunakan untuk menyampaikan informasi atau pesan. Jenis-jenis media secara umum dapat
dibagi menjadi:
1. Media Visual: media visual adalah
media yang bisa dilihat, dibaca dan diraba. Media ini mengandalkan indra
penglihatan dan peraba. Berbagai jenis media ini sangat mudah untuk didapatkan.
Contoh media yang sangat banyak dan mudah untuk didapatkan maupun dibuat
sendiri. Contoh: media foto, gambar, komik, gambar tempel, poster, majalah,
buku, miniatur, alat peraga dan sebagainya.
2. Media Audio: media audio adalah
media yang bisa didengar saja, menggunakan indra telinga sebagai salurannya.
Contohnya: suara, musik dan lagu, alat musik, siaran radio dan kaset suara atau
CD dan sebagainya.
3. Media Audio Visual: media audio
visual adalah media yang bisa didengar dan dilihat secara bersamaan. Media ini
menggerakkan indra pendengaran dan penglihatan secara bersamaan. Contohnya:
media drama, pementasan, film, televisi dan media yang sekarang menjamur, yaitu
VCD.
Tujuan Promosi Secara Umum
Tujuan promosi adalah untuk
mempengaruhi suatu konsumen dalam mengambil keputusan untuk meningkatkan volume
penjualan, di segi lain ada juga dari promosi yaitu menjual suatu barang atau
jasa. Dalam promosi kita tidak hanya sekedar berkomunikasi ataupun menyampaikan
informasi, tetapi juga menginginkan komunikasi yang mampu menciptakan
suasana/keadaan dimana para pelanggan bersedia memilih dan memiliki
produk.
Secara umum tujuan dari promosi :
1. Meningkatkan
permintaan dari para pemakai industrial dan/atau konsumen akhir.
2. Meningkatkan kinerja
perusahaan
3. Mendukung dan
mengkoordinasikan kegiatan personal selling dan iklan.
Tujuan
Utama Strategi Promosi Produk
Terdapat
10 tujuan pokok strategi promosi terhadap produk.
1. Meningkatkan Volume Produksi dan Penjualan
Strategi
promosi pada aktivitas penjualan maupun pemasaran biasanya dilakukan untuk
jangka pendek maupun panjang dalam suatu bisnis. Adanya perumusan strategi
promosi membuat persiapan lebih matang. Penerapan langkah dalam aktivitas
promosi akan lebih sesuai dengan permintan konsumen di lapangan.
Kesesuaian
minat konsumen dengan konten promosi yang dijalankan akan menimbulkan
permintaan terhadap suatu produk. Peningkatan permintaan inilah yang akan
mendorong proses produksi yang diakibatkan adanya kenaikan penjualan. Indikator
strategi promosi yang jitu dapat dilihat dari peningkatan volume penjualan
setelahnya.
2. Menarik Pembeli Potensial
Diantara
para target market terdapat pelanggan tetap dan pembeli potensial. Bagi
pelanggan tetap mungkin lebih mudah melakukan tindakan promosi yang persuasif
karena mereka sudah mengenal dan paham akan suatu produk. Namun sedikit
berbeda dengan pembeli potensial.
Pembeli
potensial merupakan sekumpulan orang (pasar) yang belum pernah mencoba atau
melakukan pembelian terhadap produk dari perusahaan tertentu. Melalui definisi
tersebut diketahui bahwa pembeli potensial tidak akan melakukan pembelian suatu
produk dengan kuantitas besar sebelum mereka benar-benar paham dan menyukai
produk tersebut.
Disinilah
peran strategi promosi penjualan/pemasaran dengan sasaran pembeli potensial.
Strategi pemasaran yang dilancarkan ditujukan untuk menarik pembeli potensial
dikarenakan pembeli potensial merupakan sumber dalam peningkatan volume
penjualan.
3. Menambah Repeat Order
Penerapan
strategi promosi selain menyasar pada pembeli potensial juga terhadap pelanggan
tetap dan pembeli yang pernah mencoba suatu produk namun dalam jumlah sedikit.
Penerapan promosi yang sesuai dapat membuat pelanggan melakukan pembelian
ulang/repeat order
karena diingatkan kembali akan suatu produk ditambah adanya kepuasan terhadap
produk.
4. Menumbuhkan Loyalitas Pelanggan
Langkah
promosi secara berkesinambungan akan melekat di benak pelanggan. Lebih khusus
pada promosi yang menekankan pada kebermanfaatan produk dan pelayanan jangka
panjang di mata konsumen. Hal ini akan menumbuhkan loyalitas pada pelanggan
untuk terus menggunakan produk tersebut meski banyak produk sejenis di pasaran.
Contoh
strategi promosi pada kasus ini adalah pemberian informasi kebermanfaatan
produk, pemberian voucher untuk berlangganan atau mengakses fasilitas
tertentu.
5. Menambah Utilitas/Kegunaan
Kegunaan
suatu produk mungkin akan hilang seiring dengan waktu atau jaman. Pada kondisi
ini harus segera dipikirkan strategi promosi yang jitu untuk meningkatkan
kembali penjualan produk baik barang maupun jasa.
Sebagai
contoh strategi promosi jasa yaitu pelayanan antar seperti taxi. Saat pelanggan
sudah mulai sepi maka dapat ditambah dengan pelayanan antar jemput sekolah.
Selain itu saat ini terdapat variasi promosi pada jasa angkutan seperti
memberikan layanan paket wisata keliling kota atau tempat wisata. Langkah ini
dapat dilakukan dengan melakukan kerjasama
dengan pihak lainnya. Selain itu peningkatan kegunaan pada jasa angkutan yaitu
seperti sewa kendaraan beserta supir atau terlibat pada jasa angkutan online
yang sedang trend di berbagai kota besar di Indonesia.Penambahan keguanaan ini
dapat berjalan dengan baik apabila didukung oleh strategi promosi yang tepat.
Sebaliknya strategi promosi yang jitu mampu menambah kegunaan dari suatu
produk.
6. Meningkatkan Daya Tarik
Pemakaian
produk yang sama selama bertahun-tahun mungkin akan menciptakan kejenuhan di
mata konsumen. Konsumen akan cenderung mencoba produk lain sebagai variasi atau
sekedar coba-coba. Kondisi tersebut harus disikapi dengan tepat atau pelanggan
akan lari ke produk pesaing. Oleh karena itu strategi promosi harus dilakukan
agar rasa ketertarikan pelanggan menetap pada satu produk. Melalui promosi yang
kontinyu maka pelanggan akan merasa bahwa produk yang mereka gunakan tetap up
to date.
7. Membentuk kesadaran
Selain
meningkatkan daya tarik kembali bagi para pelanggan, promosi yang jitu dapat
membentuk kesadaran bagi para pelanggan atau calon pelanggan atau pembeli
potensial. Kesadaran tersebut diarahkan pada kebutuhan akan suatu produk yang
sedang ditawarkan.
Contoh
strategi promosi penjualan yang mengarah pada pembentukan kesadaran adalah
dengan menunjukkan kelebihan produk dengan target pasar tetentu. Misalkan
produk kesehatan untuk penderita diabetes. Promosi yang dilakukan adalah dengan
menonjolkan kelebihan produk dalam mengatasi penyakit kencing manis. Melalui
langkah tersebut maka, pelanggan akan sadar bahwa mereka sangat memerlukan
produk tersebut. Pada awal mungkin untuk mencoba namun dengan promosi yang
berkala maka dapat mengarah pada kebutuhan berkala pula.
8. Sebagai pelengkap dan pengalihan terhadap
harga
Kelebihan
dari penyusunan strategi promosi adalah mengindari dari perang harga dengan
pesaing. Terjebak perang harga dengan menipiskan marjin penjualan sangat
merugikan perusahaan. Melalui langkah promosi yang tepat maka dapat mengalihkan
perhatian konsumen dari label harga yang mungkin dirasa mereka masih tergolong
mahal.
Terdapat
beberapa metode promosi untuk mengalihkan label harga dari para konsumen,
diantaranya :
·
Beli dua gratis satu
·
Menambah kuantitas isi
pada suatu produk seperti yang dilakukan produk Indomie Goreng Jumbo atau
produk shampoo sachet dengan hastag 10% lebih banyak
9. Memperoleh support dari distributor
Kegiatan
pemasaran sangat bergantung pula pada bantuan dari para distributor.
Distributor merupakan tangan panjang dari produsen ke konsumen. Distributor
diantaranya seperti pedagang besar (grosir), pedaganag pengecer, agen, ataupun
makelar. Pada studi pemasaran bahkan konsumen dapat dikatakan sebagai
distributor apabila mereka merekomendasikan produk pada konsumen lain.
Terdapat
strategi promosi pemasaran yang dapat dilakukan untuk mengembangkan para
distributor dalam membantu kegiatan pemasaran. Contoh strategi promosi tersebut
adalah : Konsep “member get member” dengan imbalan bonus untuk konsumen yang
merekomendasikan konsumen lain untuk membeli atau bergabung menjadi anggota
distributor.
10. Pengelompokkan Pelanggan
Membagi
pelanggan menjadi beberapa kelompok dan memberikan perlakuan khusus dapat
menarik calon konsumen dari segmentasi tertentu. Pemberian pelayanan istimewa
ini biasanya disasarkan pada target pasar yang dituju atau untuk meningkatkan
penjualan pada segmentasi tertentu. Pemberian pelayanan khusus ini bisa dalam
bentuk produk, variasi harga, dan pelayanan di proses distribusi. Strategi yang
diambil dapat berbeda-beda sesuai dengan target marketnya.
Contoh
langkah promosi dalam pengelompokkan pelanggan tersebut seperti :
·
Pemberian harga
spesial untuk pelanggan yang melakukan Pre-Order, melakukan transaksi secara
langsung di toko atau gerai, atau pembelian melalui website (dalam rangka
meningkatkan traffic).
·
Layanan gratis bagi
orang yang berulang tahun. Biasa diaplikasikan pada rumah makan untuk menarik
pelanggan yang berulang tahun dan perhatian pelanggan lainnya.
Media Promosi
1. Televisi
Media televisi adalah media yang
paling terkenal di antara media-media lainnya. Hal ini dikarenakan media
televisi adalah media yang paling efektif dalam menyampaikan promosi. Promosi
melalui gambar gerak dan audio yang mendukung juga menjadikan lebih mudah
tersampaikan. Masyarakat pun akan lebih mudah mencerna diterima melalui media
televisi. Kekurangan dari mempromosikan produk bisnis anda melalui media
televisi antara lain adalah harganya yang relatif mahal.
2. Website
Majunya media internet membuat
website semakin diminati oleh masyarakat untuk mempromosikan produk bisnisnya.
Melalui website, anda bisa mengiklankan produk bisnis lengkap dengan
spesifikasi dan kelengkapan informasinya. Pada website, anda bisa mengiklankan
atau mempromosikannya melalui website pribadi, yang memang sengaja dirancang
khusus sebagai media promosi dari produk bisnis anda, ataupun website orang
lain yang memiliki traffic yang cukup padat.
3. Jejaring sosial
Maraknya media internet yang terus
mengembangkan eksistensinya, membuat berbagai macam jejaring sosial menjadi
sebuah media komunikasi yang tak kalah penting keberadaannya. Jejaring sosial
kini menjadi efektif dalam mengkomunikasikan sesuatu baik yang sifatnya
pribadi, umum, bahkan untuk kepentingan bisnis sekalipun. Anda dapat
mempromosikan barang atau jasa yang anda tawarkan melalui jejaring sosial
kepada khalayak umum lewat dunia maya, seperti melalui jejaring sosial
Facebook, Instagram, Twitter, Blog, dan lain sebagainya.
Fungsi Strategi Promosi
Fungsi dari strategi promosi
penjualan adalah untuk mencapai tujuan komunikasi. Teknik-teknik komunikasi dan
insentif memberikan beberapa keuntungan, promosi penjualan dapat digunakan
untuk menargetkan pembeli, menjawab kesempatar khusus, dan menciptakan insentif
pembelian. Dalam mengembangkan strategi promosi penjualan pertama-tama perlu
didefenisikan tugas-tugas komunikasi yang diharapkan dicapai oleh program
promosi penjualan.
Pemasaran Cerdas
Pemasaran cerdas atau Marketing
Intelligence adalah (Cornish, S.L., [3]):
“The process of acquiring and
analyzing information in order to understand the market (both existing and
potential customers); to determine the current and future needs and
preferences, attitudes and behavior of the market; and to assesschanges in the
business environment that may affect the size and nature of the market in the
future.”
Pemasaran cerdas adalah proses
mendapatkan dan menganalisa informasi untuk:
1. Memahami pasar (memelihara yang
telah ada dan menemukan pelanggan potensial)
2. Mengetahui keinginan sekarang dan di
masa depan beserta preferensinya
3. Mengetahui sifat dan perilaku pasar
4. Mengukur perubahan pada lingkungan
bisnis yang mungkin mempengaruhi besar dan sifat dari pasar di masa datang.
Teknologi Informasi Dan Pemasaran
Cerdas
Penggunaan teknologi informasi menjadi mutlak bagi perusahaan yang bergerak
dalam perkonomian digital. Hal tersebut seperti telah diperkuat Kotler bahwa
salah satu kesalahan terbesar yang mematikan adalah tidak menggunakan
teknologi, dalam hal ini termasuk di dalamnya teknologi informasi.
Kelemahan Strategi Promosi
Tradisional
Tidak menawarkan umpan balik dan
laporan secara instan. Tentu, beberapa orang mungkin merespon panggilan untuk
bertindak dari sebuah iklan di salah satu media tetapi tidak ada cara untuk
mengetahui jumlah pasti orang yang melihat atau mendengarnya. Data tersebut
dikumpulkan dengan membutuhkan waktu lamam, setelah tayangan iklan dilakukan.
Dan apabila ditanya apa itu Digital
Marketing, Cara Branding, Promosi, BerJualan dengan medium Teknologi Digital
terkini dengan memanfaatkan. Contoh: Internet, Social Media, Mobile marketing,
Website. Dll
Keunggulan Strategi Promosi Berbasis
TI
Internet menjadi salah satu pusat
online digital marketing dan media pemasaran yang sangat kuat, terjangkau dan
efektif untuk mendapatkan umpan balik langsung dengan proses interaksi dan
monitoring yang lebih mudah.
Internet dapat digunakan baik untuk
mengirim pesan kepada seseorang seperti email, IM, RSS, atau podcast, juga
untuk menyebarluaskan konten, iklan banner dan bayar perklik (istilah iklan
dalam mesin pencari). Oleh karena itu, internet dapat dianggap sebagai
kombinasi dari push dan pull teknologi untuk melaksanakan kampanye pemasaran.Dengan
media digital online tsb, memungkinkan organisasi bisnis dapat melihat secara
real-time bagaimana kampanye pemasaran bekerja, seperti Apa yang sedang
dilihat, seberapa sering, berapa lama, serta tindakan lain seperti tingkat
respon dan pembelian yang dilakukan.
Digital marketing online dapat
didistribusikan pada tingkat yang lebih cepat dan jangkauan yang lebih luas
dari komunikasi pemasaran tradisional.
Media digital memungkinkan konsumen
untuk menelusuri informasi lebih dalam yang dibutuhkan untuk membuat keputusan
sebelum melakukan pembelian. Selain itu, konsumen dapat melakukan interaksi
secara cepat dengan penjual berkenaan dengan produk yang ditawarkan.Digital
marketing itu tidak hanya berhubungan dengan iklan semata, karena iklan
merupakan salah satu cara dalam memasarkan produk yang sebenarnya kurang
memilki kredibilitas. Hal tersebut bisa dilihat dari sekitar 76% orang yang
tidak mempercayai iklan perusahaan karena dianggap berbohong.
Strategi Promosi Berbasis TI
1. Buatlah Pusat Pemasaran Produk Anda.
Terlebih dahulu anda lebih baik menentukan
di mana dari sekian banyak fasilitas dunia maya sebagai pusat anda meletakkan
info lengkap tentang produk-produk yang akan anda pasarkan. Sebagai contoh :
Social Media (Facebook), ataupun forum-forum yang sangat memungkinkan bagi anda
untuk meletakkan segala info tentang produk anda (foto, spesifikasi produk,
harga, dll). Pusat Pemasaran Produk anda ini akan berfungsi sebagai toko
virtual anda secara sederhana.
2. Tentukan Sarana Media Penunjang
Pemasaran.
Setelah menentukan Pusat Pemasaran
Produk anda maka langkah selanjutnya adalah menentukan sarana penunjang
pemasaran anda, yang nantinya bersifat me-refer kepada media pusat pemasaran
produk anda. Sebagai contoh adalah TWITTER, yang dimana bisa anda gunakan
secara efektif untuk memberikan update info terbaru tentang produk-produk anda
serta me-refer kan kepada akun tempat Pusat Pemasaran Produk anda. Sarana media
penunjang ini akan menjadi media sales anda yang mengarahkan konsumen ke toko
virtual anda.
3. Update info-info Terbaru.
Selalu up to date dengan info-info
sarana media berbasis internet lainnya yang memungkinkan untuk difungsikan
sebagai sarana marketing anda.
4. Bergabunglah dalam Forum-forum
dengan tingkat trafik tinggi.
Forum-forum dengan tingkat trafik
pengunjung yang tinggi merupakan lahan marketing yang sangat bagus bagi anda.
Pasarkan lah produk anda di forum tersebut dengan sopan kepada orang-orang yang
berpotensial akan membeli produk anda tersebut.
5. Lakukan kerjasama dengan beberapa
toko virtual lainnya.
Selayaknya di dunia nyata, akan
lebih baik bagi anda untuk menambah 1 teman daripada 10 musuh, lakukan
kerjasama dengan toko-toko virtual lainnya untuk saling mendukung dalam sistem
pemasaran produk masing-masing. Ada banyak hal yang dapat anda lakukan dalam
sistem kerjasama tersebut, sebagai contoh dengan pertukaran iklan toko virtual.
6. Jangan berhenti belajar!
Internet atau dunia maya sangatlah
cepat berkembang begitu pula dengan software, program, dan aplikasi yang
ditawarkan. Untuk mendukung pemasaran produk anda maka anda juga harus terbuka
akan perkembangan yang ada. Gunakan semua fasilitas internet yang bisa anda
gunakan untuk menunjang pemasaran anda. Sebagai contoh: Youtube sebagai medio
pencari iklan yang dapat anda gunakan dalam toko virtual anda untuk menampilkan
produk yang anda jual (apabila produk anda merupakan produk retail/mudah
didapatkan). (Kevin Wahyono, cara-sederhana-pemasaran-produk-efektif.html)
Komentar
:
Saat
ini media promosi sangat banyak sekali, mulai dari televisi, media sosial,
Website. Sebagai contoh seseorang ingin memasarkan produknya yang baru
dirintis, saat ini penggunaan Instagram merupakan strategi pemasaran yang
sangat menguntungkan dan sangat cepat perkembangannya. Misalnya bakso aci,
seorang pemilik bakso aci perlu mengirimkan produknya kepada salah satu artis
yang namanya sedang melejit untuk di promosikan, dengan kata lain dia hanya
perlu mempromosikan barangnya kepada 1 orang dan orang tersebut yang akan
mempromosikan secara luas. Tidak lama setelah artis tersebut mempromosikan
bakso aci, banyak pengikut dari artis tersebut yang ingin juga mencoba bakso
aci. Strategi pemasaran dengan melalui Instagram sangat mempengaruhi.
Disisi
lain tidak menutup kemungkinan pada biaya promosi tersebut, tidak sedikit artis
yang memasang biaya yang lumayan tinggi untuk sekali promosi. Semakin tinggi
jumlah pengikut, dan juga semakin terkenal artis tersebut sehingga dapat
memberikan sebuah pengaruh besar dalam promosi barang. Melainkan kita promosi
di televisi, saat ini jarang sekali orang menonton televise, orang lebih
berpaling kepada youtube, Instagram, dan facebook. Media sosial media pun
dinilai oleh masyarakat merupakan media promosi berbasis TI yang sangat bagus. Tidak
menutup kemungkinan bagi sebuah website seperti shopee, tokopedia, bukalapak
yang selalu memberi bonus cashback untuk para penggunanya. Media promosi saat
ini orang hanya perlu melihat dari layar gadget mereka dan melakukan pembelian.
Sehingga tidak perlu lagi untuk keluar rumah dan mencari tempat yang sedang
melakukan diskon untuk pembelanjaan.
Promosi
berbasis TI sangat diperlukan saat ini, dunia membutuhkan perubahan besar yang
salah satunya adalah mengenai kemudahan dalam bertransaksi dan melakukan
pembelian barang. Dan dalam strategi pemasaran berbasis IT ini sangat mudah
dikenali orang, karena hampir setiap orang menggunakan smartphone dalam mencari
informasi, sehingga sangat mudah dalam memasarkan produk dan traffic penjualan
akan meningkat secara baik.
Komentar
Posting Komentar