Langsung ke konten utama

PENGANTAR BISNIS INFORMATIKA


Pengertian Bisnis

Bisnis merupakan proses kegiatan oleh individu atau kelompok melalui proses penciptaan, pertukaran kebutuhan dengan tujuan untuk memperoleh keuntungan khususnya secara finansial. Bisnis tidak hanya untuk memperoleh keuntungan secara finansial. Adapun beberapa tujuan yang ingin dicapai oleh organisasi bisnis, yaitu :

1.      Pemenuhan kebutuhan konsumen, contohnya produk sepeda untuk transportasi
2.      Mengatasi berbagai resiko, contohnya lembaga asuransi
3.      Tanggung jawab social, contohnya produk plastik daur ulang [6].

Bisnis menggunakan faktor – faktor produksi seperti sumber daya alam (tanah), sumber daya manusia, modal (termasuk teknologi), dan kewiraswastaan. Bisnis menggunakan tanah untuk mendirikan lokasi produksi atau menjual produksi, bisnis menggunakan sumber daya manusia untuk melakukan proses produksi dan membuat keputusan lainnya. Bisnis mengandalakan modal untuk menghasilkan produknya. Bisnis mengandalkan kewiraswastaan untuk pedoman pada saat bisnis diciptakan [7].

Bisnis yang berhasil atau bisnis yang sehat adalah kegiatan bisnis yang mampu mendatangkan keuntungan, baik dalam jangka pendek maupun jangka panjang (Fry et al., 2001).

Lingkup Bisnis dalam Teknologi
Teknologi digunakan dalam proses penciptaan barang dan jasa. Teknologi baru, termasuk internet menimbulkan revolusi pada hampir setiap aspek bisnis. Mulai dari cara pelanggan dan perusahaan berinteraksi dimana, kapan, dan bagaimana karyawan melakukan pekerjaan mereka. Teknologi merupakan basis persaingan untuk beberapa perusahaan, khususnya bagi yang tujuannya menjadi pemimpin teknologi di dunia industri.

Pengertian Teknologi Informasi dan Komunikasi
Teknologi Informasi adalah seperangkat alat yang membantu anda bekerja dengan informasi dan melaksanakan tugas - tugas yang berhubungan dengan pemrosesan informasi (Haag & Keen, 1996). Teknologi adalah sarana untuk menyediakan barang-barang yang diperlukan bagi kelangsungan dan kenyamanan hidup manusia[3]. Informasi sebagai data yang telah diolah menjadi bentuk yang lebih berarti dan berguna bagi penerimanya untuk mengambil keputusan masa kini maupun yang akan datang (Gordon B. Davis, 1985). Komunikasi adalah suatu proses penyampaian informasi (pesan, ide, gagasan) dari satu pihak kepada pihak lain[3] .

Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) adalah segala kegiatan yang terkait dengan pemrosesan, pengelolaan dan penyampaian atau pemindahan informasi antar sarana/media[8].
Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi terus meningkat seiring dengan meningkatnya kebutuhan manusia, tanpa terkecuali dalam berbagai bidang. Kecenderungan penggunaan simbol “e” yang diartikan sebagai elektronik, sudah mulai banyak bermunculan dan diaplikasikan di hampir semua bidang. sebut saja e-commerce, e-government, e-learning dan lain sebagainya, peran serta manusia dalam mengaplikasikan pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi secara lebih tepat guna amat sangat diperlukan guna lebih memberikan gambaran kepada para generasi muda mengenai pemanfaatan teknologi secara lebih tepat dan lebih bermanfaat.

Pengertian Bisnis Informatika
Informatika adalah disiplin ilmu yang mencangkup beberapa bidang, termasuk bidang ilmu komputer, sistem informasi, dan dipakai untuk mengumpulkan data, memproses, serta menyimpan hasil pemrosesan data dan menampilkan dalam bentuk informasi[1].
Berdasarkan pengertian diatas, dapat disimpulkan bahwa bisnis informatika adalah suatu kegiatan yang dilakukan individu atau sekelompok orang dengan tujuan mendapatkan keuntungan dan dilakukan dengan bantuan teknologi informasi.
Saat ini bisnis informatika berkembang sangat pesat. Kegiatan transaksi jual beli online dapat dilakukan dengan mudah. Berbagai macam e-commerce sudah mulai memberikan penawaran terbaik, didukung dengan pesatnya teknologi membuat nyaman pengguna tanpa perlu datang ke toko cukup mengakses menggunakan laptop atau komputer yang difasilitasi internet.

Mothercare (Mothercare.co.id)

Mothercare adalah perusahaan ritel yang bergerak menyediakan produk ibu hamil dan perlengkapan anak. Mothercare merupakan salah satu e-commerce yang hanya fokus kepada satu – dua kategori produk, sehingga kegiatan jual beli relatif aman.
Mothercare didirikan oleh Selim Zilkha dan Sir James Goldsmith pada tahun 1961. Perusahaan ini terdaftar dalam Bursa Saham London pada tahun 1972. Toko pertama Mothercare dibuka pada daerah Surrey, salah satu daerah di benua Inggris dengan ibu kota Kingston.  Dan produk pertama yang dijual adalah kereta dorong, furniture kamar bayi, dan baju ibu hamil. Semakin tinggi permintaan pasar akan produk lainnya, membuat pendirinya mulai memasukan produk lain. Produk lain yang pertama dimasukan adalah pakaian anak hingga umur 5 tahun. Tidak berhenti disana, produk – produk lain terus ditambahakan agar Mothercare bisa terus berkembang seperti pakaian anak hingga umur 8 tahun, peralatan mandi, perlengkapan ibu hamil dan lainnya[2].

Teknik Penjualan Pada Mothercare

1.    Pengelompokan produk untuk memudahkan pencarian.



2.    Detail gambar produk dan informasi produk yang memudahkan pengambilan keputusan dalam membeli.


3.    Harga yang kompetitif

Kelebihan Mothercare

1.    Terdapat potongan harga

2.    Terdapat toko offline, yang memungkinkan untuk mengembalikan barang jika tidak sesuai

Kekurangan Mothercare

1.    Barang yang ingin dicari masih lebih terjangkau dipasar.
2.    Pengembalian produk tidak berlaku pada barang dengan potongan harga.

Komentar : Menurut saya Mothercare sangat bagus bagi calon ibu maupun ibu yang membutuhkan perlengkapan bayi namun tidak sempat pergi keluar. Dengan detail produk yang diberikan sudah cukup lengkap dan juga potongan harga yang diberikan cukup menarik sehingga bisa menjadi pertimbangan dalam melakukan pembelian barang.

Perkembangan Bisnis Informatika
Perkembangan bisnis informatika berkembang pesat dengan naiknya kebutuhan pada teknologi informasi, yang dimana sekarang hampir semua kegiatan dilakukan dengan bantuan teknologi infomasi. Perkembangan bisnis teknologi informatika di Indonesia meningkat sangat pesat, hal ini dapat dilihat dari peningkatan kebutuhan akan teknologi informatika yang sangat besar dari tahun ke tahun. Bisnis informatika mempunyai potensi yang besar untuk kedepannya, karena itu perlu didukung oleh sumber daya yang berkualitas serta perangkat teknologi yang canggih baik itu perangkat keras atau perangkat lunaknya. Dengan kehadiran teknologi informasi, maka dapat menjadi solusi dan membantu proses bisnis yang ada  serta dapat mengoptimalkan efisiensi bisnis  berbasis teknologi informasi tersebut.
Contohnya seperti IT consultant yaitu sebuah jasa yang menangani konsultasi di bidang IT mengenai bisnis, seperti memberi saran bisnis, menyelesaikan masalah teknis maupun memperbaiki struktur dan efisiensi dalam sistem IT.






Daftar Pustaka
[3] Wibisono, Arif. 2013. Modul Perkuliahan Tekonologi Informasi dan Komunikasi. Semarang : IKIP PGRI Semarang.
[4] Darimi, Ismail. 2017. TIK Sebagai Media Pembelajaran PAI Efektif. Jurnal TIK. Volume 1, Nomor 2.
[5] Wahyu Ariani, Dorothea. Modul Perkuliahan Pengertian Dasar Bisnis.
[6] Alteza, Muniya. 2011. Pengantar Bisnis : Teori dan Aplikasi di Indonesia. Yogyakarta : Universitas Negeri Yogyakarta.
[7] Madura, Jeff. 2007. Pengantar Bisnis Edisi 4 (Introduction To Business). Jakarta : Salemba Empat.

Komentar

Popular Post

Deskripsi Game Labirin dan Cara Bermain

Cara bermain game pada labirin adalah dengan menemukan jalan keluar yang ada pada setiap sudut labirin. Karakter ditantang untuk memulai pada labirin level 1 yang bermedan pada rerumputan. Mulai dari level 1 karakter hanya perlu berputar putar mencari jalan keluar. Medan pada level 1 pun hanya berupa belokan kecil sehingga sangat mudah untuk menemukan jalan keluar. Karakter mulai masuk ke dalam labirin Jalan keluar pada level 1 akan menembus langsung ke level 2. Berikut tampilan saat karakter sudah selesai melakukan misi pencarian jalan keluar pada level 1. Pada level 2, medan yang diberikan adalah salju. Dan juga pada medan ini terdapat beberapa belokan tembok yang lebih banyak dari level 1 sehingga karakter perlu mencari jalan keluar dengan berhati hati agar tidak bertemu jalan buntu.  Berikut contoh labirin level 2 Karakter mulai masuk ke dalam labirin level 2 Ketika sudah selesai mema

Pengalaman Pribadi Menerapkan Prinsip Manajemen Waktu

Orang yang dapat bersenang – senang adalah orang yang pandai melakukan manajemen waktu. Baik manajemen sebagian waktu maupun manajemen seluruh waktu. Disini maksud saya adalah ketika orang memiliki waktu 24 jam dalam sehari, dia dapat memanfaatkan minimal 12 jam yang dimiliki dengan melakukan suatu yang produktif. Manajemen waktu mengajarkan untuk dapat disiplin terhadap waktu. Prinsip manajemen waktu adalah perencanaan dengan tujuan yang jelas dan matang. Karena ketika kita memiliki perencanaan, kita dapat mengetahui darimana langkah mulai. Sebagai contoh kita memiliki tugas yang menumpuk, kita dapat membagi tugas tersebut dalam skala prioritas. Termasuk dalam hal mendesak atau hal jangka panjang. Jadi tugas tersebut dapat dikategorikan sesuai dengan waktunya. Dan yang terpenting ketika kita melakukan skala prioritas, tidak boleh ada yang dinamakan menunda pekerjaan. Dikarenakan jika kita menunda pekerjaan, skala prioritas yang dilakukan dan juga manajemen waktu hanya sia – sia. B

Resensi Novel Bidadari Terakhir

Ketulusan Hati Seorang Pelajar dengan Kupu - Kupu Malam Judul              : Bidadari Terakhir Pengarang      : Agnes Davonar Penerbit          : Intibook Publisher Tahun Terbit    : 2013 Tebal Buku     : vi + 162 halaman Cetakan          : Pertama, Maret 2013 Sinopsis Rasya seorang pelajar yang mempunyai masa depan cemerlang, selalu mendapat peringkat lima besar di kelas, dan baginya pendidikan adalah nomer satu. Pada suatu ketika Hendra, sahabat Rasya sedang berulang tahun mengajak nya ke suatu tempat.  Yaitu Paradiso sebuah tempat pelacuran. Rasya yang memiliki iman kuat menolak ajakan Hendra, lalu menunggu di luar sambil meminum teh botol. Di saat itu Rasya bertemu dengan Eva, seorang PSK yang sedang mencari pelanggan. Eva menceritakan bagaimana sulitnya mencari uang untuk operasi ibunya. Rasya yang lugu menawarkan bantuan pinjaman kepada Eva. Rasya yang seorang pelajar merasa iba karena harus bekerja setengah mati dan menjadi seorang kupu – kupu mala

Media Promosi Berbasis TI

STRATEGI PROMOSI BERBASIS TI Perkembangan dunia saat ini, terutama pada aspek teknologi mengalami perubahan sangat pesat ke arah digital. Era digital merupakan istilah media jenis baru yang digunakan dalam teknologi informasi yang memiliki karakteristik bersifat jaringan. Perubahan ini membuat perilaku manusia memasuki gaya hidup baru dan tidak bisa lepas dari perangkat-perangkat elektronik yang menjadi kebutuhan dasar bagi setiap orang. Pengertian Strategi Promosi Definisi strategi promosi penjualan dikemukakan oleh Fandy Tjiptono pada buku strategi pemasaran. Pengertian strategi promosi penjualan adalah perencanaan aktivitas yang dilaksanakan dalam rangka peningkatan Permintaan dari para konsumen untuk meningkatkan volume dan omset penjualan. Aktivitas tersebut dilakukan dengan mempengaruhi secara langsung konsumen dalam keputusan pembelian. Berdasarkan Cravens pada buku pemasaran strategis mengemukakan bahwa strategi promosi penjualan merupakan rencana dan proses pengen