Desain
pemodelan grafik merupakan suatu proses penciptaan suatu obyek baru dengan
menggunakan software dan melalui beberapa tahapan yakni membuat, menyimpan dan
memanipulasi model dan citra. Desain pemodelan grafik terdiri dari 3 suku kata
yakni Desain, Pemodelan dan Grafik dan jika diuraikan masing – masing
dari setiap arti suku kata tersebut memiliki pengertian sebagai berikut :
Desain
Desain adalah seni terapan, arsitektur dan pencapaian kreatif lainnya. Desain juga diartikan sebagai kerangka bentuk atau rancangan.
Pemodelan
Pemodelan adalah pola/contoh dari sesuatu yang akan dibuat atau dirancang. Pemodelan adalah tahap dimana akan dibentuknya suatu obyek. Proses pemodelan ini memerlukan perancangan dengan beberapa langkah saat pembuatannya.
Grafik
Grafik didefinisikan sebagai pengungkaapan dan perwujudan dalam bentuk huruf, simbol dan gambar dengan menggunakan proses pencetakan. Grafik juga didefinisikan sebagai suatu manipulasi model dan citra.
Desain Grafik
Desain
grafik adalah seni dalam berkomunikasi menggunakan tulisan, ruang, dan gambar.
Bidang ini merupakan bagian dari komunikasi visual. Ilmu desain grafis mencakup
seni visual, tipografi, tata letak, dan desain interaksi.
Bentuk
Implementasi Pada Desain Grafik Sendiri Seperti :
1.
Peta digital
2.
Kesehatan
3.
Perancangan objek
4.
System multimedia
5.
Presentasi grafik
6.
Presentasi saintifik
7.
Pemrosesan citra, dan
Implementasi
Desain Pemodelan Grafis
Karikatur
Ide dari
pembuatan karikatur lebih kepada mengekspresikan kritikkan secara jenaka.
Kejenakaan dalam kritik membuat pesan lebih mudah diterima atau dicerna
pembaca. Dengan karakter jenaka/lucu dan unik sebuah konsep desain grafis dapat
mempunyai ruh karikatur. Dengan adanya persamaan antara karakter desain grafis
dan konsep karikatur, maka tidak menutup kemungkinan konsep karikatur dapat
dikembangkan ke arah desain grafis, yaitu dapat di sebut menjadi Konsep Desain (Grafis) Karikatur. Tujuannya
adalah mengembangkan pakem karikatur yang kritik – satire menjadi
menginspirasi.
Arsitektur
Arsiterktur
adalah seni dan ilmu dalam merancang bangunan. Dalam artian yang lebih luas,
arsitektur mencakup merancang dan membangun keseluruhan lingkungan binaan,
mulai dari level makro yaitu perencanaan kota, perancangan perkotaan,
arsitektur lansekap hingga ke level mikro yaitu desain bangunan.
Contoh : dalam
pembuatan karoserie sebuah kendaraan dimana desain tersebut di kelola dengan
menggunakan teknologi yang akan membentuk sebuah model atau bentuk dari sebuah
badan, rangka dan mesin kendaraan atau juga dapat di misalkan dalam pembuatan
sebuah bangunan.
Sumber :
http://adityanggraineee.blogspot.com/2015/11/desain-grafis.html
http://hamim10.blogspot.com/2015/10/tugas-desain-pemodelan-grafis.html
Komentar
Posting Komentar