Langsung ke konten utama

ILMU BUDAYA DASAR



IBD atau yang biasa disebut dengan Ilmu Budaya Dasar adalah pengetahuan dasar dan pengertian umum tentang konsep-konsep yang dikembangkan untuk mengkaji masalah-masalah manusia dan kebudayaan. Berbicara tentang Budaya Dasar tentu berbeda dengan pengetahuan budaya. Istilah IBD dikembangkan pertama kali di Indonesia sebagai pengganti istilah basic humanitiesm yang berasal dari istilah bahasa Inggris “The Humanities”. Adapun istilah humanities itu sendiri berasal dari bahasa latin “humnus” yang artinya manusia, berbudaya dan halus.
Latar belakang Ilmu budaya dasar yang kita ketahui mempunyai tema – tema inti dari permasalahan manusia yang dihadapi dalam kehidupan sehari – hari, seperti meliputi Cinta Kasih, Keindahan, Penderitaan, Keadilan, Pandangan hidup, Tanggung Jawab, dan Harapan.
Latar belakang ilmu budaya dasar dalam konteks budaya, negara, dan masyarakat Indonesia berkaitan dengan permasalahan sebagai berikut:
  1. Kenyataan bahwa Indonesia terdiri atas berbagai suku bangsa, dan segala keanekaragaman budaya yang tercermin dalam berbagai aspek kebudayaannya, yang biasanya tidak lepas dari ikatan kesukuan dan kedaerahan.
  2. Proses pembangunan dampak positif dan negatif berupa terjadinya perubahan dan pergeseran sistem nilai budaya sehingga dengan sendirinya mental manusiapun terkena pengaruhnya. Akibat lebih jauh dari pembenturan nilai budaya ini akan timbul konflik dalam kehidupan.
  3. Kemajuan Iptek menimbulkan perubahan kondisi kehidupan manusia, menimbulkan konflik dengan tata nilai budayanya, sehingga manusia bingung sendiri terhadap kemajuan yang telah diciptakannya. Hal ini merupakan akibat sifat ambivalen teknologi, yang disamping memiliki segi-segi positifnya, juga memiliki segi negatif akibat dampak negatif teknologi, manusia kini menjadi resah dan gelisah.

Seperti yang di jelaskan diatas, Ilmu budaya dasar juga mempunyai beberapa tujuan yaitu dalam pengkajiannya yang akan dibahas secara satu – persatu. Ilmu budaya dasar semata – mata sebagai salah satu usaha mengembangkan kepribadian mahasiswa dengan cara memperluas wawasan pemikiran serta kemampuan analisa  terhadap nilai – nilai budaya, baik menyangkut diri sendiri (individu) ataupun orang lain.
Mengajarkan manusia agar lebih peka dan terbuka terhadap masalah kemanusiaan dan budaya. Serta lebih bertanggung jawab terhadap masalah tersebut. Tidak ada masalah yang dapat diselesaikan kecuali dengan usaha pengiringnya.
Memiliki latar belakang pengetahuan yang cukup luas tentang kebudayaan Indonesia. Indonesia bukan hanya negara yang mengajarkan tata krama yang baik, tapi Indonesia juga memili keanekaragaman budaya yang mempunyai nilai di mata dunia. Sebagai contoh kita mempunyai “Batik” yang saat ini turis asing berbondong bondong datang untuk membeli nya. Bahkan kini sudah bisa dikatakan sebagai bahan eksport yang bisa di perhitungkan nilainya.
Bertitik tolak dalam kerangka tujuan yang telah dibahas, ada beberapa pokok bahasan yang dikaji sebagaimana dapat disebut sebagai ruang lingkup dari pembahasan mengenai Ilmu Budaya Dasar. Ada 2 masalah yang bisa dipakai sebagai bahan pertimbangan untuk menentukan ruang lingkup Ilmu Budaya Dasar. Yaitu, Berbagai aspek kehidupan dan Hakikat manusia yang universal, dan pokok bahasan tentang Ilmu Budaya Dasar sebagai berikut,
        1.      Manusia dan Harapan.
Manusia mempunyai harapan yang secara berjalan searah yaitu bahwa harapan mengikuti arah kemana tujuan manusia saat itu. Manusia membutuhkan dorongan untuk mencapai harapan tersebut yaitu berupa kepercayaan. Bisa kepercayaan dari orang tua, keluarga, sahabat, teman, bahkan rekan kerja.
        2.      Manusia dan Cinta Kasih
Manusia dan Cinta Kasih adalah perasaan sayang atau menyayangi antar teman, keluarga, persaudaraan. Cinta tak harus tentang lawan jenis, tapi keluarga adalah cinta yang bisa sesungguhnya.

        3.      Manusia dan Kebudayaan
Pengetahuan Budaya bertujuan untuk memahami dan mencari arti kenyataan-kenyataan yang bersifat manusiawi. Untuk mengkaji hal ini digunakan metode pengungkapan peristiwa-peristiwa dan kenyataan-kenyataan yang bersifat unik, kemudian diberi arti.
Hubungan manusia dengan kebudayaan Indonesia saat ini sangat diperlukan, namun konteks IBD sangat luas tidak hanya dalam kebudayaan sekitar namun IBD juga mencangkup hubungan antara Teknologi Informasi, Pertanian, Kedokteran, Perekonomian, dll.

Hubungan IBD dengan Teknologi Informasi
Hubungan ilmu budaya dasar dengan teknik, budaya selalu berkaitan dengan kehidupan sehari-hari, misalnya saja teknik bercocok tanam masyarakat kita adalah suatu budaya yang sudah ada sejak jaman prasejarah. Teknik dan budaya merupakan suatu kesatuan yang tidak dapat dipisahkan karena sutu teknik tertentu merupakan suatu budaya yang sudah pernah atau pun sering dilakukan baik itu pada zaman prasejarah atau pun sampai zaman modern sekarang ini.
Hubungan ilmu budaya dasar dengan informatika, informatika adalah informasi yang disampaikan melalui matematika. Informasi merupakan suatu kebudyaan yang sudah ada sejak adanya manusia pertama di muka bumi ini, mereka mengerti satu sama lain melaui informasi yang disampaikan. Contonya saja sms ataupun email, yang dirancang dengan menggunakan dasar matematika, agar pesan yang ingin disampaikan diterima oleh si penerima dengan cepat dan baik. Orang-orang pada zaman ini membutuhkan informasi yang efektif dan mamilki efisiensi yang tinggi. Karena di zaman ini orang-orang memiliki kesibukan yang luar biasa. Hubungan dasar dengan informatika adalah dasar dari informasi adalah untuk berkomunikasi dengan orang lain. Setiap orang tidak akan bertahan hidup sendirian. Manusia membutuhkan orang lain untuk hidup. Komunikasi dapat dilakukan dengan berbagai macam cara baik itu yang tradisional ataupun cara yang modern.

Hubungan IBD dengan Pertanian
Ilmu ilmu alamiah bertujuan mengetahui keteraturan-keteraturan yang terdapat dalam alam semesta. Untuk mengkaji hal itu digunakan metode ilmiah. Caranya ialah dengan menentukan hukum yang berlaku mengenai keteraturan-keteraturan itu, lalu dibuat analisis untuk menentukan suatu kualitas. Hasil analisis itu kemudian digeneralisasikan. Atas dasar ini lalu dibuat prediksi . Hasil penelitiannya 100 % benar dan 100 % salah. Hasil kesadaran manusia berkaitan erat dengan ilmu-ilmu pertanian. Hal itu terjadi sejak masyarakat kita bersifat agraris.
Sekarang, dalam masa modern ini hasil budi kita juga mengacu arah kemajuan. Karena itulah, maka IBD berusaha mengikuti perkembangan dan mengaitkan dengan ilmu-ilmu pertanian modern, antara lain: Memberi perhatian pada tanah sebagai fokusnya, pada tanam-tanamannya, pada hama dan penyakitnya dan berperhatian kepada perekonomiannya, dll.

·         Hubungan IBD dengan tanah sebagai fokusnya
Mengenai hubungan manusia dengan tanah dalam alam modern ini sering timbul pertentangan karena adat masyarakat itu. Masyarakat mempertahankan berlakunya adat yang dipatuhi sedang masyarakat modern menginginkan ketidak patuhannya demi ide yang diliputi akal budi yang sadar. Disinilah peranan ilmu budaya untuk mengatasi kesulitan sampai mencapai tujuan.

·         Hubungan IBD dengan tanam-tanaman sebagia fokusnya
Para budayawan pertanian berperan sekali untuk mengajak masyarakat berpartisipasi dalam pengembangan di sektor pertanian. Untuk meningkatkan pengembangan itu para ahli yang berbudaya selalu menghasilkan penelitiannya terhadap tanamanyang cocok dengan tanah kita

·         Hubungan IBD dengan hama dan penyakit sebagai fokusnya
Sering masyarakat berpendapat datangnya hama penyakit disebabkan dewa/roh yang berkuasa menghukumnya. Disini para ahli yang berbudaya dituntut untuk segera bisa mengatsi kesukaran-kesukaran yang berhubungan dengan pembangunan di sektor pertanian dengan perwujudan dapat memberantas hama tikus, wereng dan sebagainya.

Hubungan IBD dengan Kedokteran
Hubungan ilmu budaya dasar dengan ilmu-ilmu kedokteran tampak jelas, sebab ilmu kedokteran itu sendiri berada atau merupakan ilmu-ilmu yang secara langsung berkaitan dengan manusia sebagai sasarannya. Kedokteran modern saat ini tidak lepas dari pengobatan tradisional yang secara turun – temurun sudah ada. Mulai dari pijat, meminum jamu dll. Di sinilah ilmu kedokteran itu berperan sekali dalam kehidupan manusia. Budaya luhur pun tak lepas dari kemajuan teknologi saat ini. 

MANUSIA DAN KEBUDAYAAN

       Ø Hubungan Manusia dengan Masyarakat
Manusia adalah adalah kombinasi dari unsur-unsur roh (atman), jiwa, pikiran, dan prana atau badan fisik.
Masyarakat adalah orang atau manusia yang saling berhubungan dan berinteraksi sosial satu sama lain.
Manusia selain sebagai makhluk individu (perseorangan) mempunyai kehidupan jiwa yang menyendiri, manusia juga sebagai makhluk sosial tidak dapat dipisahkan dari masyarakat. Manusia lahir, hidup dan berkembang dan meninggal dunia di dalam masyarakat. Menurut Aristoteles (Yunani, 384-322 SM), bahwa manusia itu adalah ZOON POLITICON artinya bahwa manusia itu sbg makhluk pada dasarnya selalu ingin bergaul dan berkumpul dengan sesama manusia lainnya, jadi makhluk yg suka bermasyarakat. Dan oleh karena sifatnya suka bergaul satu sama lain, maka manusia disebut makhluk sosial. Terjadimya hubungan satu sama lain yang didasari adanya kepentingan, dimana kepentingan tersebut satu sama lain saling berhadapan atau berlawanan dan ini tidak menutup kemungkinan timbul kericuhan.

       Ø Hubungan Manusia dengan Kebudayaan
Kebudayaan adalah sesuatu yang akan mempengaruhi tingkat pengetahuan dan meliputi sistem ide atau gagasan yang terdapat dalam pikiran manusia, sehingga dalam kehidupan sehari-hari, kebudayaan itu bersifat abstrak.
Kebudayaan mempunyai fungsi yang sangat besar bagi manusia dan masyarakat. Masyarakat memiliki kebutuhan-kebutuhan yang harus dipenuhi dalam menjalani kehidupannya. Kebutuhan- kebutuhan masyarakat tersebut sebagian besar dipenuhi oleh kebudayaan yang bersumber pada masyarakat itu sendiri. Karena kemampuan manusia terbatas sehingga kemampuan kebudayaan yang merupakan hasil ciptaannya juga terbatas di dalam memenuhi segala kebutuhan.
Fungsi kebudayaan adalah untuk mengatur manusia agar dapat mengerti bagaimana seharusnya bertindak dan berbuat untuk menentukan sikap kalau akan berhubungan dengan orang lain didalam menjalankan hidupnya. kebudayaan berfungsi sebagai:
            1.      Suatu hubungan pedoman antar manusia atau kelompok
            2.      Wadah untuk menyakurkan perasaan-perasaan dan kehidupan lainnya
            3.      Pembimbing kehidupan manusia
            4.      Pembeda antar manusia dan binatang

Manusia dan kebudayaan pada hakekatnya memiliki hubungan yang sangat erat, dan hampir semua tindakan dari seorang manusia itu adalah merupakan kebudayaan. Manusia mempunyai empat kedudukan terhadap kebudayaan yaitu sebagai:
            1.      Penganut kebudayaan
            2.      Pembawa kebudayaan
            3.      Manipulator kebudayaan,
            4.      Pencipta kebudayaan

       Ø Hubungan Manusia dengan Peradaban
Peradaban  adalah tahap kebudayaan tertentu dan telah maju yang bercirikan  penguasaan ilmu pengetahuan, teknologi, seni dan lain-lain. Peradaban mengacu pada kehidupan yang nyaman. kebudayaan yang telah mencapai taraf perkembangan teknologi yang sudah lebih tinggi.
Manusia dan peradaban adalah hal yang tidak bisa terpisahkan karena manusia itu memiliki cipta, rasa dan karsa. Cipta, rasa dan karsa itu akan menimbulkan perkembangan pengetahuan yang berasal dari suatu budaya. Dari hal itulah kebudayaan akan mengalami kemajuan sehingga dikatakan sebagai peradaban. Contoh : zaman dahulu, manusia menanam karet dan hanya menunggu hasil berdasarkan kemampuan alam untuk memproduksi. Tetapi sekarang tidak lagi karena ada perkembangan seperti pupuk, dan itu akan menumbuhkan karet dengan cepat.


MANUSIA DAN CINTA KASIH

            Cinta kasih adalah Menurut Kamus Umum Bahasa Indonesia karangan J.S. Purwodarminta, cinta adalah rasa sangat suka (kepada) atau rasa sayang (kepada), ataupun rasa sangat kasih atau sangat tertarik hatinya. Sedangkan kata kasih, artinya perasaan sayang atau cinta (kepada) atau menaruh belas kasihan. Dengan demikian, arti cinta dan kasih itu hamper sama sehingga kata kasih dapat dikatakan lebih memperkuat rasa cinta. Oleh karena itu, cinta kasih dapat diartikan sebagai perasaan suka (sayang) kepada seseorang yang disertai dengan menaruh belas kasihan.

            Sebuah keluarga terdiri dari ayah, ibu, dan anak – anaknya. Dalam sebuah keluarga cinta dapat kita artikan sebagai sebuah hal yang pasti ada dan harus dimiliki setiap keluarga. Contohnya saja seorang anak yang sangat mencintai ayahnya, karena ayahnya yang merupakan seorang dengan sikap penyayang dan pekerja keras. Seorang anak pasti akan sangat bahagia apabila memiliki seorang ayah yang seperti itu. Demikian juga dengan seorang ibu, pasti akan merasa bangga apabila memiliki anak yang rajin, cerdas, dan selalu mematuhi nasihat orang tua. Dan juga seorang saudara, kakak dengan adiknya. Yang saling melindungi dan menyayangi satu sama lain.  Ayah sebagai sang pencari nafkah, ibu sebagai seorang yang menjalankan tugas nya untuk merawat anak, dan anak yang tugas nya untuk membahagiakan kedua orang tuanya, dengan cara belajar dengan giat misalnya. Seorang ayah yang dengan ikhlas mengerjakan tugas nya demi keluarga nya pasti lah seorang ayah yang sangat mencintai keluarganya. Ia rela berlelah-lelah untuk menafkahi anak istrinya, ia tidak peduli terhadap apa yang orang bilang terhadapnya. Keluarga merupakan mutiara baginya, yang apabila tidak di pelihara, maka akan kotor cahayanya. Gambaran seorang ayah yang sangat mencintai keluarganya merupakan salah satu contoh cinta dalam keluarga.
Mewujudkan Cinta Kasih
Untuk dapat mewujudkan cinta kasih dan sayang dalam kehidupan agar tentram damai dan bahagia dapat dengan cara :
  1. Cara mewujudkan cinta pada diri sendiri
Dapat dilakukan dengan mengurus dirinya sendiri, sehingga kebutuhan jasmani dan rohani dirinya sendiri terpenuhi secara wajar. Contohnya mandi, menyisir rambut, memaka wangi- wangian, mengenakan baju yang sopan tidak melanggar adat atau norma yang ada.
            2.      Cara mewujudkan cinta pada sesama manusia
Dapat dilakukan dengan perbuatan yang bersifat sosial dan kemanusian. Contohnya saling tolong menolong, kerja bakti, saling tepo seliro, Jean Henry Dunant ( 1882-1910) seorang bankir dan penulis berkebangsaan Swiss yang atas suka relanya menolong setiap orang yang menderita luka-luka dalam pertempuran Solferino (1859) mendirikan Palang Merah International (1863).
            3.      Cara mewujudkan cinta kepada Allah
Dapat dilakukan dengan dilandasi cinta yang teramat sangat dan meniadakan Tuhan selain Allah dengan beraqidah yang kokoh dan bertaqwa atau menjalankan segala perintah dan menjauhi larangan yang sudah di tentukan Nya.
Dalam sebuah keluarga, rasa cinta dan kasih sayang merupakan hal yang sangat besar pengaruhnya. Pengaruh dari segi kehidupan berkeluarga bahkan dari segi kehidupan masing-masing anggota keluarga. Peran masing-masing anggota keluarga dalam memberikan cinta kepada sesamanya sangatlah besar. Tidak peduli dari mana datangnya, cinta dalam keluarga itu kuat. Dapat memberikan perubahan, kebahagiaan, dan bahkan kehidupan yang sempurna bagi suatu keluarga yang mendasaran cinta dan kasih sayang dalam fondasi keluarga mereka.

Puisi
KELUARGA KECILKU
Oleh : febrina puspita

Senyum manis mereka selalu membuat ku semangat
Kasih sayang mereka tidak pernah lepas dari ku
Ibu yang selalu mendengar curhatku
Ayah yang selalu memenuhi kebutuhanku
Saudara yang selalu menghiburku
Saatku jauh dari mereka aku rapuh
Cinta mereka lebih dari segalanya
Keluarga keciku...
Kita memang tidak memiliki harta yang banyak
Tapi kebersamaan kita jauh lebih indah daripada semua itu
Keluarga ku..
Cinta dan kasih ku selalu ada sampai akhir hayatku
Keluargaku
Maafkan aku jika pernah melukai pe rasaan kalian
Maafkan aku yang senantiasa meremehkan kalian
Ku begitu sempurna saat didekat kalian.


MANUSIA DAN KEINDAHAN

Keindahan berasal dari kata indah, artinya bagus, permai, cantik, elok, molek, dan sebagainya. Benda yang mempunyai sifat indah ialah segala hasil seni, pemandangan alam, manusia, rumah, tatanan, perabot rumah tangga, suara, warna, dan sebaginya. Keindahan adalah identik dengan kebenaran.
Keindahan dibedakan menjadi 3, yaitu :
          1.      Keindahan dalam arti luas, menurut Aristoteles keindahan sebagai sesuatu yang baik dan juga menyenangkan
          2.      Keindahan dalam arti estetik murni, yaitu pengalaman estetik seseorang dalam hubungan dengan segala sesuatu yang diserapnya.
        3.      Keindahan dalam arti terbatas, yaitu yang menyangkut benda-benda yang dapat diserap dengan penglihatan yakni berupa keindahan bentuk dan warna

Hubungan Manusia dengan Keindahan
Manusia dan keindahan memang tak bisa dipisahkan sehingga kia perlu melestarikan bentuk dari keindahan yang telah dituangkan dalam berbagai bentuk kesenian (seni rupa, seni suara maupun seni pertunjukan) yang nantinya dapat menjadi bagian dari suatu kebudayaan yang dapat dibanggakan dan mudah-mudahan terlepas dari unsur politik. Kawasan keindahan bagi manusia sangat luas, seluas keanekaragaman manusia dan sesuai pula dengan perkembangan peradaban teknologi, sosial, dan budaya. Karena itu keindahan dapat dikatakan, bahwa keindahan merupakan bagian hidup manusia. Keindahan tak dapat dipisahkan dari kehidupan manusia. Dimanapun kapan pun dan siapa saja dapat menikmati keindahan.

Manusia yang menikmati keindahan berarti manusia mempunyai pengalaman keindahan. Pengalaman  keindahan biasanya bersifat terlihat (visual) atau terdengar (auditory) walaupun tidak terbatas pada dua bidang tersebut.

Mengapa Manusia menciptakan Keindahan?
Keindahan itu pada dasamya adalah alamiah. Alam ciptaan Tuhan. lni berarti bahwa keindahan itu ciptaan Tuhan. Alamiah artinya wajar, tidak berlebihan tidak pula kurang. Kalau pelukis melukis wanita lebih cantik dari keadaan sebenamya, justru tidak indah. Pengungkapan keindahan dalam karya seni didasari oleh motivasi tertentu dan dengan tujuan tertentu pula. Ada 4 hal yang mendasarinya, yaitu :
1.      Tata nilai yang telah usang, tata nilai yang terjelma dalam adat istiadat yang sudah tidak sesuai lagi dengan keadaan.
2.      Kemerosotan zaman, kemerosotan moral dapat diketahui daritingkah laku dan perbuatan manusia yang bejat tanpa menghiraukan ketentuan dan hukum agama dan moral masyarakat.
3.     Penderitaan manusia, banyak factor yang membuat manusia menderita, manusialah yang membuat orang menderita karena nafsu ingin berkuasa, tidak hati-hati, keadaan demikian tidak menyenangkan.
4.   Keagungan Tuhan, dapat dibuktikan dengan melalui keindahan alam dan keteraturan alam semesta serta kejadian-kejadian alam. Keinndahan alam merupakan keindahan mutlak ciptaan Tuhan.

Contoh Keindahan
Keindahan dalam arti luas meliputi :
          1.      Keindahan Jasmani, Keindahan dari jasmani dan rohani dapat di ibaratkan keindahan dari jiwa maupun raga yang dimiliki oleh manusia.
          2.      Keindahan Seni, Keindahan seni dapat diartikan dengan pembuatan hasil karya, entah itu karya musik, tari, patung, maupun lukisan.
  1. Keindahan Alam, Keindahan alam dapat di artikan dengan penglihatan akan suatu pesona alam, dan dapat dijelaskan dengan kata-kata begitu juga sama dengan keindahan seni.
           4.      Keindahan Moral, Keindahan moral dapat dilihat dari perilaku, kepribadian dan tata karma setiap individu manusia.
           5.      Keindahan Intelek, keindahan intelek dimana keindahan dalam cara manusia berfikir dengan cerdik.
Beberapa contoh keindahan Alam :

           Ubur-ubur yang tidak menyengat, Danau Kakaban, Kaltim



  











Pasir pantai merah muda, Pulau Komodo, NTT


 

Komentar

Popular Post

Deskripsi Game Labirin dan Cara Bermain

Cara bermain game pada labirin adalah dengan menemukan jalan keluar yang ada pada setiap sudut labirin. Karakter ditantang untuk memulai pada labirin level 1 yang bermedan pada rerumputan. Mulai dari level 1 karakter hanya perlu berputar putar mencari jalan keluar. Medan pada level 1 pun hanya berupa belokan kecil sehingga sangat mudah untuk menemukan jalan keluar. Karakter mulai masuk ke dalam labirin Jalan keluar pada level 1 akan menembus langsung ke level 2. Berikut tampilan saat karakter sudah selesai melakukan misi pencarian jalan keluar pada level 1. Pada level 2, medan yang diberikan adalah salju. Dan juga pada medan ini terdapat beberapa belokan tembok yang lebih banyak dari level 1 sehingga karakter perlu mencari jalan keluar dengan berhati hati agar tidak bertemu jalan buntu.  Berikut contoh labirin level 2 Karakter mulai masuk ke dalam labirin level 2 Ketika sudah selesai mema

Pengalaman Pribadi Menerapkan Prinsip Manajemen Waktu

Orang yang dapat bersenang – senang adalah orang yang pandai melakukan manajemen waktu. Baik manajemen sebagian waktu maupun manajemen seluruh waktu. Disini maksud saya adalah ketika orang memiliki waktu 24 jam dalam sehari, dia dapat memanfaatkan minimal 12 jam yang dimiliki dengan melakukan suatu yang produktif. Manajemen waktu mengajarkan untuk dapat disiplin terhadap waktu. Prinsip manajemen waktu adalah perencanaan dengan tujuan yang jelas dan matang. Karena ketika kita memiliki perencanaan, kita dapat mengetahui darimana langkah mulai. Sebagai contoh kita memiliki tugas yang menumpuk, kita dapat membagi tugas tersebut dalam skala prioritas. Termasuk dalam hal mendesak atau hal jangka panjang. Jadi tugas tersebut dapat dikategorikan sesuai dengan waktunya. Dan yang terpenting ketika kita melakukan skala prioritas, tidak boleh ada yang dinamakan menunda pekerjaan. Dikarenakan jika kita menunda pekerjaan, skala prioritas yang dilakukan dan juga manajemen waktu hanya sia – sia. B

TV Analog vs TV Digital

TV Digital Televisi digital (bahasa Inggris: Digital Television, DTV)atau penyiaran digital adalah jenis televisi yang menggunakan modulasi digital dan sistem kompresi untuk menyiarkan sinyal video, audio dan data ke pesawat televisi. TV Digital bukan berarti pesawat televisinya yang digital, namun lebih kepada sinyal yang dikirimkan adalah sinyal digital atau mungkin yang lebih tepat adalah siaran digital (Digital Broadcasting). Televisi resolusi tinggi atau high-definition television (HDTV), yaitu: standar televisi digital internasional yang disiarkan dalam format 16:9 (TV biasa 4:3) dan surround-sound 5.1 Dolby Digital. TV digital memiliki resolusi yang jauh lebih tinggi dari standar lama. Penonton melihat gambar berkontur jelas, dengan warna-warna matang, dan depth-of-field yang lebih luas daripada biasanya. TV Analog Televisi analog mengkodekan informasi gambar dengan memvariasikan voltase dan/atau frekuensi dari sinyal . Seluruh sistem sebelum Televisi dig

Resensi Novel Bidadari Terakhir

Ketulusan Hati Seorang Pelajar dengan Kupu - Kupu Malam Judul              : Bidadari Terakhir Pengarang      : Agnes Davonar Penerbit          : Intibook Publisher Tahun Terbit    : 2013 Tebal Buku     : vi + 162 halaman Cetakan          : Pertama, Maret 2013 Sinopsis Rasya seorang pelajar yang mempunyai masa depan cemerlang, selalu mendapat peringkat lima besar di kelas, dan baginya pendidikan adalah nomer satu. Pada suatu ketika Hendra, sahabat Rasya sedang berulang tahun mengajak nya ke suatu tempat.  Yaitu Paradiso sebuah tempat pelacuran. Rasya yang memiliki iman kuat menolak ajakan Hendra, lalu menunggu di luar sambil meminum teh botol. Di saat itu Rasya bertemu dengan Eva, seorang PSK yang sedang mencari pelanggan. Eva menceritakan bagaimana sulitnya mencari uang untuk operasi ibunya. Rasya yang lugu menawarkan bantuan pinjaman kepada Eva. Rasya yang seorang pelajar merasa iba karena harus bekerja setengah mati dan menjadi seorang kupu – kupu mala